Manfaat Tanaman herbal daun serai untuk kesehatan

Posted by Unknown Minggu, 17 November 2013 2 comments
Tanaman herbal daun serai atau sereh merupakan jenis rerumputan yang sering digunakan sebagai bumbu dapur yang dapat memberikan aroma khas pada masakan tertentu. Namun, tahukan anda jika daun serai ini juga memiliki khasiat sebagai bahan tanaman yang bisa digunakan untuk pengobatan? Kandungan herbal daun serai seperti anti mikroba serta anti ini juga dapat mengobati infeksi usus, lambung, kandung kemih serta mampu menyembuhkan luka. Serai yang bersifat diuretik ini dapat meredakan kejang dan reumatik. Selain bermanfaat sebagai tanaman obat, menurut penelitian, serai juga memiliki manfaat yang sering digunakan untuk bahan dasar kosmetik karena dapat mencerahkan kulit serta menghambat pigmentasi. Disamping itu, dapat juga digunakan sebagai obat jerawat yang sekaligus dapat menghilangkan bekas jerawat serta mampu memberi efek yang menyegarkan untuk kulit.
daun serai wangi

Cara menggunakan tanaman herbal daun serai untuk pengobatan

Penggunaan tanaman herbal daun serai sebagai pengobatan tradisional ini bisa diolah sendiri menggunakan peralatan sederhana yang ada di dalam rumah. Namun, walaupun sederhana, kita bisa mendapatkan manfaat tanaman serai yang sering kita abaikan keberadaannya. Salah satu cara mengolah daun serai sebagai obat bisa anda gunakan dalam bentuk teh serai. Anda bisa mengambil batang serai secukupnya dan dikupas. Bagian luar batang serai hendaknya dibuang agar tidak meninggalkan rasa pahit saat diminum. Potong batang tanaman herbal daun serai menjadi kecil kemudian seduhlah irisan tadi dengan air yang mendidih lalu biarkan kira-kira 15 menit.
daun sereh
Setelah 15 menit berlalu, anda bisa mengaduk kemudian memisahkan antara ampas dan air seduhan dengan cara menyaring. Untuk menikmati teh serai tersebut, anda bisa menambahkan gula batu atau susu sesuai selera anda. Teh serai tersebut sangat cocok diminum selagi hangat, terlebih pada saat musim dingin. Efek mengkonsumsi teh serai ini selain bisa menghangatkan badan disaat dingin juga dapat mengobati batuk, darah tinggi, gangguan pencernaan,mengobati nyeri haid bahkan sebagai anti kanker. Dengan banyaknya manfaat tanaman herbal daun serai yang telah kita ketahui ini, tentunya masayarakat akan dapat menambah pengetahuan yang terkait pengobatan alternatif menggunakan bahan dasar serai ini. Oleh karena itu, nantinya tanaman serai bukan hanya digunakan sebagai pelengkap bumbu dapur, namun juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat yang murah dan mudah pengolahannya.

Description: tanaman herbal daun serai ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Cara penyajiannya pun sangat mudah karena hanya diseduh dengan air mendidih dan dapat ditambahkan gula batu/susu sebagai pemanis.




TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Manfaat Tanaman herbal daun serai untuk kesehatan
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tanamanherbalkita.blogspot.com/2013/11/manfaat-tanaman-herbal-daun-serai-untuk.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 comments:

giyono trisnadi mengatakan...

Saya punya banyak tanaman serai akan saya manfaakan sebaik baiknya.. terima kasih informasinya sangat berman faat..

Unknown mengatakan...

Sama sama @Mas Giyono

Posting Komentar

Bamz | Copyright of Informasi tentang tanaman herbal untuk pengobatan.
DechaCare.com, Situs Pelayanan Kesehatan
Informasi Obat, Informasi Kesehatan, Forum Kesehatan, Kalender Kesehatan, Humor Kesehatan, Situs Pelayanan Kesehatan

DMCA.com Protection