Mengkudu, Tanaman Herbal untuk Hipertensi

Posted by Unknown Rabu, 08 Januari 2014 0 comments
Salah satu tanaman herbal untuk hipertensi yang sering digunakan oleh masyarakat adalah buah mengkudu. Buah mengkudu (Morinda citrifolia) memang salah satu jenis tanaman herbal yang sangat berkhasiat serta dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Salah satunya adalah hipertensi. Hipertensi atau penyakit darah tinggi merupakan penyakit yang berbahaya bagi manusia. Hipertensi dapat memicu timbulnya penyakit kronis lain seperti penyakit jantung, stroke, hingga ginjal. Umumnya hipertensi disebabkan oleh faktor keturunan, kadar kolesterol yang tinggi, asap rokok, kafein, serta obesitas (kegemukan). Dengan menggunakan buah mengkudu, tingkat resiko hipertensi dapat dikurangi. Selain itu buah mengkudu juga dapat dengan mudah dijumpai di sekitar kita.

mengkudu untuk hipertensi

Khasiat Buah Mengkudu sebagai Tanaman Herbal untuk Hipertensi

Khasiat buah mengkudu sebagai tanaman herbal untuk hipertensi terbukti sangat efektif karena mempunyai kandungan senyawa scopoletin yang tinggi. Senyawa scopoletin sangat bermanfaat untuk mengatasi hipertensi karena dapat memperlebar pembuluh darah sehingga tekanan darah menjadi stabil. Selain mengandung senyawa scopoletin, mengkudu juga kaya akan senyawa penting lainnya seperti xeronine, lysin, alizarin, proxeronine, sodium, steroid alami, asam kaprilat, asam kaprat, serta asam kaproat. Buah mengkudu juga mempunyai senyawa antibakteri yang cocok digunakan untuk mengatasi diare. Karena khasiatnya yang sangat berguna tersebut mengkudu tidak hanya dikenal sebagai tanaman herbal untuk hipertensi saja namun juga bermacam-macam penyakit.

Untuk mengobati darah tinggi, mengkudu dapat diolah dengan cara mengambil sarinya seperti diperas atau dibuat jus. Untuk mengatasi baunya yang menyengat, sari mengkudu tersebut dapat dicampur dengan madu alami sesuai selera. Minum larutan tersebut minimal dua kali sehari. Menggunakan mengkudu sebagai tanaman herbal untuk hipertensi tentunya jauh lebih murah dan menghindarkan dari ketergantungan pada obat-obatan medis. Selain itu buah mengkudu juga tidak sulit untuk ditemukan. Sebagai tanaman herbal multiguna, buah mengkudu sudan banyak dikembangkan banyak orang. Jika tidak, anda bisa membeli suplemen atau sari buah mengkudu yang sudah banyak dijual di toko obat dan apotek baik berupa kapsul atau sirup.

Description: Tanaman herbal untuk hipertensi salah satunya adalah mengkudu. Buah mengkudu dapat menstabilkan tekanan darah karena mengandung senyawa scopoletin. Mengkudu dapat diolah dengan diperas sarinya atau dibuat jus. Untuk mengurangi baunya yang menyengat, larutan mengkudu dapat dicampur dengan madu atau bahan lainnya.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mengkudu, Tanaman Herbal untuk Hipertensi
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tanamanherbalkita.blogspot.com/2014/01/mengkudu-tanaman-herbal-untuk-hipertensi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Posting Komentar

Bamz | Copyright of Informasi tentang tanaman herbal untuk pengobatan.
DechaCare.com, Situs Pelayanan Kesehatan
Informasi Obat, Informasi Kesehatan, Forum Kesehatan, Kalender Kesehatan, Humor Kesehatan, Situs Pelayanan Kesehatan

DMCA.com Protection