Kayu Manis; Tanaman Herbal Kaya Antioksidan

Posted by Yadi Kusmayadi Selasa, 15 April 2014 1 comments

kayu manis Orang tentu tak asing dengan tanaman herbal satu ini. Terkenal akan aroma khas yang harum dan tajam membuat kayu manis banyak digunakan sebagai bumbu tambahan dalam berbagai jenis masakan maupun minuman. Kayu manis adalah tanaman berupa pohon dengan tinggi kurang lebih 15 meter. Kayu manis memiliki batang berupa kayu dan bercabang. Bentuk daunnya lanset dan tergolong daun tunggal. Warna daun yang masih muda yaitu merah pucat, sedangkan yan sudah tua berwarna hijau. Bunganya berbentuk malai dan berwarna kuning. Buah kayu manis berupa buah buni. Ketika masih muda, buahnya berwarna hijau dan setelah tua berwarna hitam.

Tanaman herbal satu ini memiliki nama latin Cinnamomum burmanil BI. Kayu manis masih termasuk dalam keluarga Lauraceae. Di Indonesia, kayu manis memiliki sebutan yang beragam. Di Jawa, orang menyebutnya manis jangan; Di Madura, kayu manis disebut kenyengar; Di Sunda, kayu manis mendapat sebutan huru mentek, ki amis; Di Toba, orang menyebutnya madang siak-siak; Di Minangkabau, kayu manis dikenal dengan nama kulik manih; dan masih banyak lainnya. Umumnya, kayu manis yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah bagian kulit kayunya. Kulit dari tanaman herbal ini terkenal dengan ciri aroma khas yang tajam, pedas, dan manis. Kayu manis sering digunakan sebagai bahan minuman.

 

Tanaman Herbal yang Ampuh Basmi Penyakit

Kayu manis memiliki kandungan senyawa aktif yang baik bagi tubuh, di antaranya sinamaldehida, dammar, safrole, tanin, tri terpenoid, kalsium oksalat, saponin, dan minyak atsiri. Beragam kandungan senyawa aktif tersebut mampu memberikan banyak khasiat dan manfaat luar biasa. Khasiat ampuh tanaman herbal ini tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari penyakit asam urat, maag, sakit kepala, kurang nafsu makan, diare, perut kembung, hernia, muntah-muntah, susah buang air besar, asma, tekanan darah tinggi, hingga diabetes mellitus bisa dibasminya. Bahkan, menurut hasil studi yang dilakukan oleh Rismunandan dan Paimin yang dikutip dari berjudul The Miracle of Herbs menyebutkan bahwa bagian daun, akar, serta kulit batang kayu manis bisa dimanfaatkan sebagai obat anti rematik dan lainnya.

Kemudian, kandungan minyak atsiri pada kayu manis berkhasiat sebagai agen anti mikroba dan antijamur. Berdasarkan penelitian Damayanti pada tahun 2004 menyebutkan bahwa minyak atsiri pada kulit kayu manis dapat mencegah pertumbuhan bakteri Staphylococus aureus, Salmonella typhimurium, serta Escherichia coli. Kayu manis termasuk tanaman herbal yang banyak dimanfaatkan orang. Kayu manis merupakan jenis tanaman berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Kandungan antioksidannya mampu menangkal radikal bebas dari luar tubuh sehingga melindungi tubuh dari serangan penyakit degeneratif. Contohnya penyakit jantung, diabetes, hingga kanker. Nah, begitu besar manfaat kayu manis bagi kesehatan.

Description: Tanaman herbal kayu manis yang kaya antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, kandungan senyawa aktifnya banyak. Beragam penyakit mampu dibasminya.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Kayu Manis; Tanaman Herbal Kaya Antioksidan
Ditulis oleh Yadi Kusmayadi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tanamanherbalkita.blogspot.com/2014/04/kayu-manis-tanaman-herbal-kaya.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 comments:

Susu Kambing mengatakan...

Bagaimana car pengolahan kayu manis menjadi obat ??
Thanks Info dan artikelnya :)

Poskan Komentar

Bamz | Copyright of Informasi tentang tanaman herbal untuk pengobatan.
DechaCare.com, Situs Pelayanan Kesehatan
Informasi Obat, Informasi Kesehatan, Forum Kesehatan, Kalender Kesehatan, Humor Kesehatan, Situs Pelayanan Kesehatan

DMCA.com Protection