Jahe-Tanaman Herbal Penopang Keharmonisan Rumah Tangga

Posted by Yadi Kusmayadi Kamis, 10 April 2014 0 comments

jahe

Bagi orang yang suka begadang, tentu akrab dengan tanaman herbal yang satu ini. Ya, dialah si penghangat tubuh alias jahe. Bahkan, jahe termasuk jenis rimpang yang dekat dalam kehidupan sehari-hari. Jahe hampir selalu digunakan dalam masakan lokal Indonesia. Selain itu, rimpang satu ini termasuk jenis tanaman yang dimanfaatkan dalam campuran minuman maupun obat tradisional. Tanaman ini memiliki nama Latin Zingiber officinale. Jahe mempunyai rasa agak tajam. Sensasi pedas juga terasa kuat di dalam perut. Kehangatan yang ditimbulkan dari jahe menjadi primadona di kalangan masyarakat. Nama lokal jahe pun berbeda di Indonesia.

Di Indonesia, tanaman herbal jenis rimpang ini mendapat sebutan yang berbeda, antara lain jahe (Lampung); melito (Gorontalo); jahe (Jawa); lali (Irian Jaya); goraka (Ternate); gora (Tidore); dan jhai (Madura). Jahe adalah tanaman dengan batang semu berwarna hijau. Tingginya mencapai 40 – 50 cm. Daun tanaman jenis rimpang ini berbentuk lansit dan berwarna hijau dengan ujung runcing dan rata pada bagian tepinya. Bunga jahe berbentuk corong dan berwarna ungu. Buah jahe berwarna cokelat dengan bentuk bulat panjang. Selain itu, akar jahe membentuk rimpang agak tebal dan membungkus daging umbi yang berserat. Rimpang jahe bertekstur kasar. Tanaman herbalsatu ini memiliki ukuran rimpang yang berbeda-beda.

 

Jahe-Tanaman Herbal yang juga Berkhasiat Penurun Panas

Secara umum, tanaman jenis rimpang ini dibagi menjadi tiga macam, yaitu jahe emprit, jahe merah, dan jahe gajah. Jahe emprit merupakan jahe yang ukurannya lebih kecil dibanding jahe gajah. Kandungan senyawa aktif tanaman herbal satu ini sangat banyak, di antaranya zingiberal, kamfena, lemonin, zingiberena, resin pahit, minyak atsiri, bisabolena, kurkumin, dan lainnya. Di samping itu, jahe juga mengandung flavonoid, alkaloid, terpenoid, serta asam organik. Banyak khasiat yang terkandung dalam tanaman jahe. Jahe diyakini memiliki aktivitas pereda rasa nyeri, peningkat imunitas tubuh, serta penurun panas. Oleh sebab itu, jahe sangat cocok jika digunakan untuk anak yang mengalami panas.

Di samping itu, kandungan Alpha-linoleic-acid dalam jahe mempunyai sifat anti perdarahan di luar menstruasi, merangsang produksi getah bening, serta merangsang kekebalan tubuh. Rimpang satu ini juga menjadi perangsang hormon androgen dan mencegah hiper-lipoprotein yang disebabkan adanya kandungan betha sitosterol di dalamnya. Tanaman herbal ini cocok untuk kaum pria. Sebab, jahe mampu mempertahankan daya tahan sperma serta mencegah kemandulan yang dikarenakan adanya kandungan argininenya. Jahe juga berkhasiat untuk membantu melancarkan ASI, mengobati sakit kepala, sebagai obat rematik, mengobati mulas, dan lainnya. Hampir semua bagian jahe bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal. Mulai dari rimpang, kulit, hingga buahnya. Bahkan, bisa digunakan penambah aroma pada makanan.

Description: Tanaman herba jahe merupakan jenis rimpang yang banyak dimanfaatkan banyak orang. Khasiat tanaman rimpang ini tidak perlu diragukan lagi. Banyak penyakit yang mampu dibasminya.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Jahe-Tanaman Herbal Penopang Keharmonisan Rumah Tangga
Ditulis oleh Yadi Kusmayadi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tanamanherbalkita.blogspot.com/2014/04/jahe-tanaman-herbal-penopang.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Posting Komentar

Bamz | Copyright of Informasi tentang tanaman herbal untuk pengobatan.
DechaCare.com, Situs Pelayanan Kesehatan
Informasi Obat, Informasi Kesehatan, Forum Kesehatan, Kalender Kesehatan, Humor Kesehatan, Situs Pelayanan Kesehatan

DMCA.com Protection