Tanaman Herbal; Tak Sekedar Pilihan

Posted by Yadi Kusmayadi Sabtu, 05 April 2014 0 comments
Perkembangan dunia medis semakin mengalami kemajuan. Pengobatan modern kian marak bermunculan. Namun demikian, keberadaan tanaman herbal sebagai salah satu obat berbagai penyakit tidak kehilangan tempat. Sebab, dibanding dengan pengobatan modern yang mayoritas menggunakan bahan-bahan kimiawi berefek samping, pengobatan dengan tanaman herbal lebih minim efek samping. Hal itu tidak lepas dari bahan-bahan pengobatan tradisional berasal dari tanaman-tanaman herba yang mempunyai keidentikan unsur yang sama dengan kebutuhan tubuh. Asupan zat alami ini sudah tentu bisa diterima secara maksimal di dalam tubuh. Selain itu, manfaat utama dari obat-obatan herbal lebih pada fungsinya untuk menjaga keseimbangan sistem metabolisme tubuh secara keseluruhan. 

Metode pengobatan menggunakan tanaman herbal lebih mengedepankan pada sistem metabolisme tubuh manusia. Gangguan yang terjadi tidak semata-mata diperbaiki secara parsial. Sifat dari tanaman herbal yang alami memudahkan tubuh memperbaiki diri tanpa meninggalkan limbah. Kandungan zat antioksidan serta berbagai mineral penting pada tanaman herbal dapat menstabilkan kembali metabolisme tubuh yang mengalami gangguan. Banyak contoh kasus penyakit yang mampu dibasmi dengan pengobatan herbal dan lebih aman efek sampingnya ketimbang obat-obatan kimia. Bahan-bahan kimia umumnya hanya “menidurkan” virus sehingga ia hanya pasif berada di dalam tubuh manusia. Sebagai salah satu contoh kelebihan tanaman herbal yaitu hasil penelitian mengenai kandungan asam laktat yang terdapat pada minyak kelapa murni.
 

Bagaimana Mengoptimalkan Khasiat Tanaman Herbal?

Pada umumnya tanaman herbal atau tanaman obat yang berada di pasaran telah dikemas dalam berbagai bentuk, ada yang kering dan ada pula yang basah atau cair. Herbal kering sendiri ada yang dibuat irisan halus, serbuk maupun yang telah dikemas dalam bentuk kapsul. Tanaman herbal berbentuk obat sering kali lebih mudah dikonsumsi sebagai obat. Selain itu, pengeringan tanaman herbal merupakan cara paling efektif untuk mengawetkan obat sehingga bisa bertahan lama jika disimpan secara benar. Sekalipun minim efek samping, mengonsumsi tanaman herbal tidak boleh berlebihan atau tanpa aturan yang jelas. Ada takaran dan proses pengolahan tertentu untuk masing-masing tanaman obat yang dibuat sebagai obat herbal. 

Dengan begitu, fungsi dan tujuannya sebagai salah satu alternatif obat bisa maksimal. Di samping itu, kandungan dan sifat masing-masing tanaman obat juga harus diperhatikan dengan baik. Dengan demikian, bisa sesuai antara kebutuhan dengan kondisi tubuh orang yang mengkonsumsinya. Pengolahan tanaman herbal dilakukan secara tradisional harus memperhatikan bahan dan peralatan yang digunakan. Pengolahan tidak hanya menitikberatkan pada faktor kebersihan. Pengetahuan dasar mengenai sifat-sifat tanaman obat harus diketahui sebelum mengolahnya. Ada beberapa jenis tanaman obat yang tidak perlu dibersihkan dengan air dan ada pula jenis tanaman obat yang harus dibersihkan dengan menambahkan zat tertentu. 

Description: Tanaman herbal tidak hanya sebagai obat alternatif. Tanaman ini lebih aman dan minim efek samping sehingga aman untuk dikonsumsi. Tetapi harus diperhatikan cara pengolahan dan pengonsumsian.




TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tanaman Herbal; Tak Sekedar Pilihan
Ditulis oleh Yadi Kusmayadi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tanamanherbalkita.blogspot.com/2014/04/tanaman-herbal-tak-sekedar-pilihan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Poskan Komentar

Bamz | Copyright of Informasi tentang tanaman herbal untuk pengobatan.
DechaCare.com, Situs Pelayanan Kesehatan
Informasi Obat, Informasi Kesehatan, Forum Kesehatan, Kalender Kesehatan, Humor Kesehatan, Situs Pelayanan Kesehatan

DMCA.com Protection