Adas; Tanaman Herbal Pereda Batuk dan Perut Kembung

Posted by Yadi Kusmayadi Minggu, 30 Maret 2014 0 comments
adas
Siapa yang tak kenal dengan tanaman herbal satu ini? Ya, dialah Adas. Tanaman jenis terna asal Eropa Selatan ini tingginya sekitar 50 – 200 cm. Adas termasuk tanaman terna yang memiliki umur panjang. Ia tumbuh merumpun dan mempunyai batang yang lunak. Batangnya berwarna hijau kebiruan, beralur, beruas, berlubang, serta ketika dimemarkan menimbulkan bau wangi. Di samping memiliki karakter batang yang unik, adas juga mempunyai bentuk daun, bunga, dan buah yang unik pula. Bentuk daunnya seperti jarum yang ujung dan pangkalnya rata dan meruncing. Di samping itu, daunnya juga mempunyai seludang berwarna putih nan cantik.
Tanaman herbal yang satu ini memiliki nama LatinFoeniculum vulgare Mill. Di Indonesia, adas memiliki sebutan yang beragam, seperti das pedas (Aceh); paapang, paampas (Manado); popoas Alfuru); adas (Bali); adas, adas landi, adas londa (Jawa); dan lainnya. Sebagai salah satu jenis tanaman berkhasiat, adas memiliki kandungan senyawa aktif yang melimpah. Senyawa aktif yang dikandung oleh tanaman terna ini di antaranya anetol sekitar 50 – 60 %; minyak atsiri atau Oleum foeniculi sejumlah 1 – 6 %; fenkon pinen sebanyak 20 %; anisaldehd; minyak lemak sebanyak 12 %; dan lainnya. Adas termasuk tanaman herbal yang ampuh mengobati berbagai penyakit, baik penyakit ringan maupun berat.
 

Si Terna Hijau; Tanaman Herbal Penjagal Ragam Penyakit

Tanaman herbal yang satu ini dipercaya berkhasiat bagi kesehatan. hal itu terbukti adanya penelitian yang menyebutkan bahwa adas banyak digunakan sebagai obat tradisional. Hal itu senada dengan tulisan dr. Prapti Utami dan Desty Ervina Puspaningtyas dalam bukunya berjudul The Miracle of Herbs. Bahkan di Cina, adas dimanfaatkan sebagai obat antitusif yaitu sebagai mengatasi refleks batuk. Keampuhan adas sebagai tanaman herbal berkhasiat tidak perlu diragukan lagi. Banyak jenis penyakit yang mampu dibasmi olehnya. Mulai dari penyakit ringan seperti mulas atau sakit perut, mual, perut kembung, muntah, diare, batuk, flu, sesak napas, dan lain sebagainya. 

Selain itu, kandungan minyak atsiri pada adas mampu menjaga kadar gula darah dalam tubuh manusia. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa tanaman adas mempunyai beberapa efek farmakologis, salah satunya karena memiliki kandungan minyak atsiri. Minyak atsiri dari tanaman herbal satu ini mampu menurunkan kadar gula darah secara optimal untuk penderita diabetes. Manfaat lain adalah tanaman adas memiliki zat antioksidan yang menimbulkan efek anti-inflamasi, terutama untuk mencegah terjadinya oksidasi superoksida dalam tubuh. Kandungan anisaldehida pada tanaman adas juga diyakini mampu mengobati penyakit TBC. Tak hanya sebagai tanaman obat, adas juga dapat dimanfaatkan sebagai penyedap rasa pada makanan dan juga pewangi. Karena, adas memiliki kandungan zat korigensia. Hebat bukan? 

Description: Tanaman herbal berkhasiat luar biasa adalah adas. Tanaman ini mengandung banyak senyawa aktif yang baik bagi kesehatan. Beragam penyakit mampu dibasminya.





TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Adas; Tanaman Herbal Pereda Batuk dan Perut Kembung
Ditulis oleh Yadi Kusmayadi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tanamanherbalkita.blogspot.com/2014/03/adas-tanaman-herbal-pereda-batuk-dan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Poskan Komentar

Bamz | Copyright of Informasi tentang tanaman herbal untuk pengobatan.
DechaCare.com, Situs Pelayanan Kesehatan
Informasi Obat, Informasi Kesehatan, Forum Kesehatan, Kalender Kesehatan, Humor Kesehatan, Situs Pelayanan Kesehatan

DMCA.com Protection