Tanaman Obat Asam Urat

Posted by Yadi Kusmayadi Kamis, 30 Januari 2014 0 comments
Jangan terlalu buru-buru menentukan obat asam urat jika anda merasakan pegal-pegal diarea persendian sebab belum tentu itu gejala asam urat. Untuk memastikan bahwa penyakit sendi yang anda derita adalah asam urat, maka lakukan tes ke laboratorium untuk mendapatkan hasil pasti dan akurat apakah anda terkena asam urat atau tidak. Jika memang positif terkena asam urat, maka ada baiknya jika anda menggunakan obat asam urat herbal terlebih dahulu sebelum menggunakan obat kimia. Selain harganya mahal, obat kimia juga tidak bagus untuk kesehatan ginjal jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Obat asam urat sambiloto

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan tumbuhan obat, salah satunya adalah tumbuhan yang bisa digunakan sebagai obat asam urat. Berbagai tumbuhan bisa anda pilih yang sesuai dengan apa yang anda suka, misalnya saja sambiloto. Tanaman yang memiliki nama latin Adrographis panniculata ini sebenarnya adalah tanaman yang berasal dari negara India. Beberapa daerah yang memiliki tumbuhan obat asam urat ini, juga mengenal dengan nama lain seperti bidara, papaitan, ke peurat, ki pait, kayu mas, ki oray dan sampiroto.
Sambiloto ini memiliki kandungan yang terdiri dari senyawa keton, flavanoid, alkane, aldehid dan juga mengandung mineral seperti natrium dan kalium serta kalsium. Rasa obat asam urat ini memang pait, namun dapat digunakan juga sebagai anti radang, analgetik atau pereda nyeri, dan juga penawar ravun. Bagian yang bisa digunakan pada tumbuhan sambiloto ini adalah daun, gagang atau batang dan juga akarnya. Namun pada umumnya kebanyakan orang memilih bagian daunnya untuk melakukan pengobatan dengan cara meraciknya menjadi teh yang lebih mudah dikonsumsi.
 

Obat asam urat kumis kucing

Siapa yang tak kenal dengan tanaman yang sering dijadikan pemanis halaman rumah kumis kucing. Tentu semua orang tahu, jika kumis kucing ini sering dijadikan tanaman obat asam urat dan penyakit lainnya. Khasiat tanaman ini adalah menghancurkan kandungan purin dalam tubuh yang kemudian akan dikeluarkan melalui urine. Selain untuk mengobati asam urat, tanaman ini juga sering digunakan untuk mengobati batu ginjal karena bersifat diuretik. Ini dikarenakan kumis kucing mengandung anti bakteri, dan juga senyawa orthoiphonin yang mampu menghancurkan batu ginjal.
Cara membuat ramuan obat asam urat dengan kumis kucing ini adalah dengan menggunakan 20 gram kumis kucing basah, 20 gram meniran basah, 20 gram sawis tanah basah, jahe merah 30 gram, 10 gram kapulaga. Tumbuk jahe merah bersama dengan bahan lain yang sudah dipersiapkan dan rebu menggunakan satu liter air putih dan sisakan setengahnya. Konsumsilah ramuan tersebut pagi dan juga sore hari sekitar150 mililiter. Jika menggunakan bahan kering, masing-masing bahan tersebut bisa digunakan setengahnya.

Description: obat asam urat sambiloto maupun kumis kucing ini dipilih karena mudah didaptkan dan memiliki sifat diuretic sehingga mampu mengeluarkan purin dalam bentuk urine dan feses.





TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tanaman Obat Asam Urat
Ditulis oleh Yadi Kusmayadi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tanamanherbalkita.blogspot.com/2014/01/tanaman-obat-asam-urat.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Posting Komentar

Bamz | Copyright of Informasi tentang tanaman herbal untuk pengobatan.
DechaCare.com, Situs Pelayanan Kesehatan
Informasi Obat, Informasi Kesehatan, Forum Kesehatan, Kalender Kesehatan, Humor Kesehatan, Situs Pelayanan Kesehatan

DMCA.com Protection