Kenali 3 Jenis Diabetes Melitus Sedari Dini

Posted by Unknown Jumat, 21 Februari 2014 0 comments
Sebagai salah satu penyakit kronis, diabetes melitus tentunya merupakan penyakit berbahaya yang harus diwaspadai. Memiliki pengetahuan mengenai berbagai penyakit tentunya sangat disarankan. Terlebih penyakit kronis satu ini kini sudah tidak lagi memandang usia dan sudah tersebar luas di kalangan masyarakat. Oleh karenanya, kenalilah jenis penyakit diabetes melitus beserta gejala, penyebab, serta obatnya, termasuk obat diabetes melitus untuk anak.
 

Diabetes Melitus Serang Anak-anak

Penyakit diabetes melitus merupakan salah satu penyakit kronis menahun yang harus diwaspadai sejak dini. Mengingat kini penyakit kronis satu ini menyerang tidak pandang usia. Selain memperhatikan diri sendiri, perlulah kiranya juga memperhatikan kesehatan keluarga. Mencegah tentu saja lebih baik daripada mengobati. Mengenali penyebab, gejala, serta jenis penyakit diabetes melitus memang sangat disarankan, baik ketika Anda atau keluarga Anda mengalami penyakit kronis ini ataupun tidak. 

Hal yang sangat mengerikan dari kenyataan yang ada kini bahwa penyakit diabetes melitus ini ternyata bisa menyerang pada anak-anak. Ditemukannya salah satu penyebab bahwa penyakit ini bisa menurun menjadi salah satu jawaban atas pertanyaan mengapa anak-anak bisa terserang penyakit kronis menahun ini. diabetes yang sering menyerang pada anak yaitu diabetes melitus tipe 1. Penyakit diabetes tipe ini kebanyakan menyerang pada anak-anak dan remaja. Bukankah ini terlalu mengerikan untuk diketahui? Oleh karenanya, perlu kiranya untuk mengetahui apa saja jenis diabetes itu, apa penyebabnya, bagaimana gejalanya, serta obat apa yang sekiranya bisa menyembuhkan penyakit tersebut.

Mengenal 3 Jenis Diabetes Melitus

Dari banyak hal yang harus diketahui oleh orang mengenai penyakit diabetes melitus, salah satunya adalah jenis penyakit diabetes. Nyatanya, penyakit diabetes ini memiliki beberapa jenis dengan penyebab yang berbeda. Sangat disarankan untuk mengetahui semua jenis-jenis penyakit kronis satu ini. Apa saja jenis penyakit diabetes itu? Berikut uraiannya. 

· Diabetes Melitus Tipe 1
 
Penyakit diabetes tipe ini merupakan penyakit diabetes yang sering menyerang pada anak-anak dan remaja. Oleh karenanya, diabetes melitus tipe 1 ini juga sering dikenal dengan sebutan Juvenile Diabetes. Penyebab utama penyakit diabetes melitus tipe 1 ini adalah terdapat kerusakan atau kesalahan genetik yang ada pada sel pankreas. Hal ini menyebabkan sistem imun terganggu dan tidak bisa menghasilkan hormon insulin. Diabetes tipe ini termasuk sangat mengerikan sebab sering terjadi secara tiba-tiba. Penderita sangat tergantung dengan insulin dari luar, jika insulin tersebut tidak segera diberikan, penderita bisa tidak sadarkan diri dan bahkan bisa sampai koma. 

· Diabetes Melitus Tipe 2
 
Diabetes tipe 2 ini disebabkan oleh tubuh yang kurang mampu merespon hormon insulin. Akibatnya, tubuh tidak mampu memanfaatkan insulin yang sudah dihasilkan oleh pankreas. Tubuh sangat bersifat resisten terhadap hormon insulin. Bisa saja sebenarnya organ pankreas telah memproduksi insulin dengan kadar yang normal, tetapi tubuh tidak bisa memanfaatkannya secara efektif. Ketidakmampuan tubuh dalam memanfaatkan hormon tersebut biasanya dikarenakan oleh sel-sel di dalam tubuh yang bersaing berat dengan sel-sel lemak yang mengakibatkan hormon insulin malah diserap oleh sel-sel lemak dan kemudian menumpuk pada tubuh. Ini sebabnya mengapa diabetes tipe 2 seringkali diderita oleh orang-orang yang memiliki pola makan yang tidak teratur. Jika diabetes tipe 1 sering terjadi secara tiba-tiba, maka diabetes tipe 2 ini justru sebaliknya. Perkembangan diabetes ini sangat lambat sehingga bisa sampai bertahun-tahun. Diabetes tipe 2 perlu sangat diwaspadai mengingat gejalanya yang seringkali tidak terasa.

· Diabetes Melitus Tipe 3
 
Diabetes melitus tipe 3 biasanya disebabkan oleh gabungan dari penyebab diabetes melitus tipe 1 dan tipe2. Hal ini dikarenakan penderita seringkali disuntik insulin secara terus menerus atau dikarenakan penderita seringkali mengkonsumsi obat-obatan yang mampu memproduksi insulin lebih banyak dari kadar normal, sehingga pankreas menjadi lemas.
Itulah tadi ketiga jenis diabetes melitus yang perlu Anda ketahui. Mengingat penyakit kronis ini menyerang juga kepada anak-anak, harap perhatikan pola makan dan kesehatan anak. Kenali gejala-gejala penyakit ini sedari dini. Lindungi selalu keluarga Anda dari berbagai macam penyakit, termasuk penyakit kronis satu ini. 

Description: Diabetes melitus memiliki tiga jenis. Ketiga jenis penyakit kronis tersebut disebabkan oleh penyebab berbeda dan memiliki perkembangan yang berbeda pula.











TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Kenali 3 Jenis Diabetes Melitus Sedari Dini
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tanamanherbalkita.blogspot.com/2014/02/kenali-3-jenis-diabetes-melitus-sedari.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Posting Komentar

Bamz | Copyright of Informasi tentang tanaman herbal untuk pengobatan.
DechaCare.com, Situs Pelayanan Kesehatan
Informasi Obat, Informasi Kesehatan, Forum Kesehatan, Kalender Kesehatan, Humor Kesehatan, Situs Pelayanan Kesehatan

DMCA.com Protection