Manfaat Tanaman Obat Daun Pegagan

Posted by Unknown Selasa, 25 Februari 2014 0 comments

Tanaman obat adalah tanaman yang memiliki manfaat sebagai obat. Tanaman ini juga lebih sering disebut sebagai tanaman herbal yang menjadi alternatif pengobatan suatu penyakit. Menjadi alternatif lain karena orang biasanya lebih mengutamakan pengobatan medis yang teruji secara klinis daripada pengobatan secara herbal. Namun ketika pengobatan secara medis belum menunjukkan hasil, pengobatan secara herbal kembali diminati. Pada hakikatnya, pengobatan dengan jenis-jenis tanaman obat ini telah dulu ada di dunia ini, dan digunakan untuk menyembuhkan segala jenis penyakit sejak jaman kerajaan. Seperti misalnya khasiat tanaman obat pegagan. Namun tidak hanya menjadi pengobatan alternatif, hingga kini masih banyak orang yang mengutamakan pengobatan secara herbal dengan menggunakan pegagan karena faktor keamanannya.

 

Ciri-ciri Tanaman Obat Daun Pegagan

Tanaman obat daun pegagan ini tumbuh menyebar dari Samudera Hindia hingga ke daerah tri=opis Asia, termasuk Indonesia. Tanaman yang memiliki nama latin Centella asiatica ini sebenarnya adalah tumbuhan liar yang tumbuh rendah, atau dikenal juga dengan istilah daun kaki. Tanaman ini tumbuh dengan batang horizontal sehingga memiliki ketinggian yang sangat minim dengan ruas akarnya yang selalu menjalar di sekitar permukaan tanah. Tanaman ini sebenarnya tidak memiliki batang utama, namun hanya berdiri dengan stolon dan rimpang pendek dengan panjang antara 10 hingga 80 cm. Daun tanaman obat ini termasuk jenis daun tunggal dengan panjang hingga 15 cm, dan berbentuk menyerupai ginjal. Bagian tepi daun sedikit bergerigi yang terdiri dari roset antara 2 sampai 10 helai daun.

Tanaman obat yang juga dikenal sebagai komposisi utama cairan anti jerawat produk kosmetik ini memiliki buah kecil yang berbentuk lonjong atau pipih dengan panjang kurang dari 2, 5 mm. Buah pegagan warnanya kuning semburat cokelat dan berdinding buah tebal. Meskipun baunya wangi, namun jangan coba-coba untuk memakannya karena rasanya yang sangat pahit. Jika ingin dikonsumsi, tanaman pegagan akan sangat nikmat disantap bagian daunnya sebagai lalapan.

Manfaat Tanaman Obat Daun Pegagan

Selain sebagai lalapan, tanaman obat daun pegagan juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan selulit dan sebagai suplemen yang menambah daya pikir otak. Dengan rajin mengkonsumsi olahan daun pegagan, seseorang akan terhindar dari kepikunan dini, sehingga daya ingat pun akan jauh lebih tajam pada saat usia tua. Sedangkan manfaat lainnya yaitu sebagai penyembuh maag, asma, typhus, demam, pembengkakan, batuk, dan penambah nafsu makan dapat diatasi dengan memperhatikan perbedaan dosis dan penambahan bahan yang digunakan untuk mengolah pegagan.

Untuk penyembuhan masalah pencernaan seperti maag, kembung, dan untuk meningkatkan nafsu makan, cukup ambil 5 gram tanaman obat daun pegagan segar. Seduh dengan sedikit air kemudian tumbuk hingga tercipta cairan hijau pekat yang dapat diperas airnya. Air perasan pegagan inilah yang dapat dikonsumsi sebagai penyembuh masalah pencernaan. Sementara untuk penyembuhan tyfus, cukup ambil 1 genggam daun pegagan disertai ½ gengam daun jintan dan 5 batang tapak liman. Semua bahan itu dicuci bersih lalu dikukus untuk kemudian diambil airnya. Dengan penambahan 1 sdm madu, air olahan pegagan dan bahan lainnya siap untuk di minumkan pada pasien typhus.

 

Description: Tanaman obat daun pegagan selain dikenal sebagai lalapan juga bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dari mulai pencernaan hingga masalah jerawat pada kulit.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Manfaat Tanaman Obat Daun Pegagan
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tanamanherbalkita.blogspot.com/2014/02/manfaat-tanaman-obat-daun-pegagan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Posting Komentar

Bamz | Copyright of Informasi tentang tanaman herbal untuk pengobatan.
DechaCare.com, Situs Pelayanan Kesehatan
Informasi Obat, Informasi Kesehatan, Forum Kesehatan, Kalender Kesehatan, Humor Kesehatan, Situs Pelayanan Kesehatan

DMCA.com Protection