Tanaman herbal asam urat dan menu diet

Posted by Yadi Kusmayadi Minggu, 09 Maret 2014 0 comments
Tanaman herbal asam urat ada banyak pilihannya. Seperti dengan menggunakan sambiloto, anting-anting, kumis kucing, meniran, daun salam, sidaguri, dan lain-lain. Namun selain dengan menggunakan tanaman herbal, penderita asam urat perlu melakukan diet yang sehat untuk menunjang kesembuhan dari sakit asam urat yang diderita. Untuk menu dietnya sendiri tidak seperti menu diet pada umumnya. Karena penyakit asam urat sendiri merupakan penyakit yang menimbulkan rasa nyeri pada persendian. Dan penyakit ini perlu menghindari beberapa jenis makanan seperti makanan yang terdapat lemak dari hewani karena dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. 

Beberapa tanaman herbal asam urat tersebut cara pengolahannya berbeda. Seperti misalnya sidaguri. Cara mengolahnya yaitu sidaguri sebanyak 30-60 gram direbus dengan 3 gelas air hingga air tersisa setengahnya. Lalu air rebusan tersebut di minumkan ½ gelas sebanyak 3 kali sehari. Akar sidaguri juga bisa digunakan untuk obat asam urat. Caranya sama hanya saja dosisnya 10 sampai 15 gram. Sedangkan jika anda ingin menggunakan daun salam, resepnya hampir sama dengan sidaguri. Daun salam sebanyak 10-15 lembar direbus dengan air 3 gelas hingga tersisa 1 gelas. Lalu air rebusan tersebut diminum sebanyak ½ gelas tiap 2 kali sehari. Cara lainnya dengan menggunakan akar anting-anting yaitu dengan merebus 5-7 potong akar anting-anting dengan air sebanyak 2 gelas. Rebus sampai tersisa 1 gelas. Lalu rebusan tanaman herbal asam urat tersebut diminum 2-3 kali sehari.
 

Menu diet selain menggunakan tanaman herbal asam urat


Jika anda terkena serangan asam urat, pola makan memang wajib untuk diatur dengan baik dengan melakukan pengontrolan terhadap tiap makanan. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk upaya diet sehat untuk asam urat. Hal ini sangat wajib sekali terutama jika asam urat anda sudah tinggi kadarnya. Menu diet penderita asam urat sendiri bisa dilakukan dengan beberapa aturan seperti mengurangi kadar purin yang pertamanya 600-1000 mg per hari untuk normalnya menjadi 100-150 mg per hari. Dan sangat dianjurkan pula untuk banyak mengkonsumsi sayuran yang tidak memiliki kandungan purin sebesar 300 gram per hari. Makanan sayuran yang perlu dihindari adalah buncis, kembang kol, jamur, bayam, asparagus, dan juga kacang polong. 

Perlu juga untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan juga protein nabati. Protein hewani sebaiknya dihindari. Dan dengan banyak minum air putih dapat mengurangi sakit asam urat. Jadi selain menggunakan tanaman herbal asam urat, pola makan untuk menu diet anda juga perlu diperhatikan. Contoh untuk menu diet pada pagi hari adalah nasi, telur ceplok, tumis labu siam dan wortel, dan susu skim. Menu siangnya yaitu nasi, ikan bakar, tempe goreng, cah sawi, dan pepaya. Menu malamnya yaitu nasi, semur ayam, pepes tahu, dan tumis kacang hijau. Di jam 10 pagi atau 4 sore anda bisa konsumsi buah semangkan atau pisang kukus. 


Description: Tanaman herbal asam urat yang bisa digunakan untuk mengobati asam urat seperti daun salam, aka ranting-anting, dan sidaguri. Penderita asam urat juga perlu melakukan diet asam urat.




TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tanaman herbal asam urat dan menu diet
Ditulis oleh Yadi Kusmayadi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tanamanherbalkita.blogspot.com/2014/03/tanaman-herbal-asam-urat-dan-menu-diet.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Poskan Komentar

Bamz | Copyright of Informasi tentang tanaman herbal untuk pengobatan.
DechaCare.com, Situs Pelayanan Kesehatan
Informasi Obat, Informasi Kesehatan, Forum Kesehatan, Kalender Kesehatan, Humor Kesehatan, Situs Pelayanan Kesehatan

DMCA.com Protection