Tanaman herbal asam urat dan makanan diet asam urat

Posted by Unknown Minggu, 16 Maret 2014 0 comments
Asam urat terjadi akibat dari metabolisme yang mana sel darah dalam tubuh pecah. Untuk pengobatannya sendiri, orang Indonesia banyak menggunakan tanaman herbal asam urat karena lebih aman dan lebih murah. Setiap orang mempunyai asam urat dalam tubuh. Karena metabolisme menghasilkan asam urat untuk kebutuhan tiap hari sebanyak 85%. Dan sisanya asam urat dihasilkan dari makanan yang disantap. Asam urat yang berasal dari makanan adalah hasil pemecahan senyawa purin yang terdapat di dalam makanan yang asalnya dari makhluk hidup. Asam urat dikeluarkan lewat urin. Tubuh yang terkena asam urat memproduksi asam urat melebihi dari jumlah normal. Karena tidak bisa dibuang dengan cepat maka menumpuk di ginjal sehingga terjadi peningkatan dalam darah. Hal ini lah yang mengakibatkan asam urat terjadi. 

Tanaman herbal asam urat banyak ditemukan dengan mudah di sekitar kita. Tanda-tanda orang yang terkena asam urat adalah sering mengalami kesemutan, tubuh nyeri atau linu secara mendadak di persendian. Asam urat yang jumlahnya berlebih dan terkumpul di persendian menyebabkan rasa nyeri dan bahkan bisa mengakibatkan bengkak dan juga panas berwarna kemerahan. Kadar asam urat yang berlebih juga bisa mengakibatkan batu ginjal karena pembuangan urin tidak lancar karena adanya penumpukan sehingga memberatkan kinerja ginjal. Selain itu asam urat juga bisa disebabkan oleh faktor genetic. Kebiasaan makan makanan yang tidak sehat serta pola hidup yang tidak sehat juga menjadi pemicu timbulnya sakit asam urat. Adapun beberapa tanaman herbal asam urat yang bisa digunakan.
 

Macam tanaman herbal asam urat

Selain melakukan diet makanan asam urat, ada beberapa tanaman herbal yang bisa digunakan untuk mengobati sakit asam urat. Seperti sidaguri. Sidaguri banyak dikenal oleh orang dengan nama otok-otok, bitumu, guri, siliguri, atau kahindu. Sidaguri mengandung senyawa kimia seperti tannin, fenol, oksalat, fenol, asam amino, saponin, minyak atsiri, lubricant, dan juga zat phlegmatic untuk expectorant. Pada akarnya juga mengandung steroid dan aphredine. Sidaguri memiliki rasa yang manis namun sedikit panas dan sejuk. Sidaguri bisa digunakan untuk obat anti radang dan penghilang rasa sakit. Bagian yang digunakan adalah bagian akarnya. Daun salam juga bisa digunakan untuk obat asam urat. Bagian yang biasa digunakan adalah daunnya. Kumis kucing juga termasuk tanaman yang mujarab untuk obat asam urat. Selain itu juga sudah dikenal untuk obat batu saluran kencing. Rasanya manis sedikit pahit. 

Adapun beberapa menu diet makanan untuk penderita asam urat. Seperti misalnya vitamin C yang bisa didapatkan dari buah-buahan. Ada pula buah cherry yang mengandung sifat anti-inflamasi yang mana dapat mengurangi kadar asam urat. Selain itu adalah susu rendah lemak atau yoghurt, buah jeruk nipis yang dapat membuang racun di dalam tubuh, biji seledri untuk menurunkan kadar asam urat, sari cuka apel ditambah dengan segelas air dan diminum 2-3 kali sehari untuk menurunkan kadar asam urat juga. Tanaman herbal asam urat lainnya yaitu kacang pinto yang banyak mengandung asam folat. Buah berry dan kentang juga bisa mengurangi kadar asam urat dalam darah. Selain itu juga perbanyak air minum dan hindari minum alkohol. 

Description: Tanaman herbal asam urat dapat menggunakan beberapa tanaman yang mudah ditemukan. Selain menggunakan tanaman herbal, diet makanan juga perlu dilakukan.




TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tanaman herbal asam urat dan makanan diet asam urat
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tanamanherbalkita.blogspot.com/2014/03/tanaman-herbal-asam-urat-dan-makanan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Posting Komentar

Bamz | Copyright of Informasi tentang tanaman herbal untuk pengobatan.
DechaCare.com, Situs Pelayanan Kesehatan
Informasi Obat, Informasi Kesehatan, Forum Kesehatan, Kalender Kesehatan, Humor Kesehatan, Situs Pelayanan Kesehatan

DMCA.com Protection