Mengenal Tumbuhan Herbal Dan Khasiatnya

Posted by Unknown Sabtu, 30 November 2013 1 comments
Mengenal tumbuhan herbal dan khasiatnya merupakan hal yang penting, agar anda dapat memanfaatkan tumbuhan-tumbuhan herbal itu semaksimal mungkin. Herbal yaitu tumbuhan yang mempunyai kegunaan dan nilai lebih untuk pengobatan. Itu berarti semua tumbuhan yang mengandung zat aktif dan dapat dijadikan obat adalah herbal. Herbal juga sering disebut tanaman obat, dan herbal juga sering dipakai dalam pengobatan alternatif. Tumbuhan akan dinyatakan herbal setelah melalui beberapa penelitian dan penemuan yang dilakukan dengan uji laboratorium. Tumbuhan obat serta khasiatnya perlu diketahui agar anda bisa memilih obat tradisional yang alami dan aman untuk kesehatan anda.

 

Aneka Tumbuhan Herbal Dan Khasiatnya

Tanaman herbal yang dapat kita manfaatkan umumnya banyak ditemui disekitar kita, berikut adalah jenis tanaman herbal dan khasiatnya:


1. Kunyit
Kunyit memang banyak digunakan sebagai jamu tradisional karena kandungan didalamnya yang dapat dijadikan obat. Tanaman yang berupa semak ini tumbuh di daerah tropis. Kunyit bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti mikroba, anti oksidan, pencegah kanker, pencegah tumor dan dapat digunakan sebagai penurun lemak dan juga kolesterol serta digunakan untuk pembersih darah.


 

2. Jahe
Kandungan yang terdapat pada jahe bersifat anti oksidan, dan dapat digunakan sebagai anti penuaan. Komponen bioaktif yang terdapat pada jahe juga berfungsi melindungi lemak dan kolesterol dari oksidasi dan meningkatakan kekebalan pada tubuh.





3. Temulawak
Tanaman ini merupakan tanaman asli Indonesia yang dapat digolongkan keluarga jahe. Biasanya temulawak digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit seperti kuning, maag, diare, kembung dan juga pegal-pegal.






4. Jambu biji
Buah ini dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit seprti diabetes, diare, beser, masuk angin, sakit kulit, sariawan dan juga demam berdarah.






5. Kumis kucing
Tanaman ini dapat berupa tumbuhan yang memiliki batang basah dan tegak. Khasiat dari tanaman ini yaitu dapat mengobati penyakit kencing manis, syphilis, encok, sembelit, radang ginjal, dan rematik.






6. Manggis
Manfaat buah ini dapat disajikan dalam keadaan segar, kalengan dan juga sirup. Khasiatnya yaitu untuk mengobati sariawan, luka dan wasir. Akhir-akhir ini kulit manggis diolah dan diuji laboratorium da menghasilkan obat herbal yang mengobati penyakit parah seperti kolesterol berlebihan.


Masih banyak lagi tanaman herbal dan khasiatnya yang masih bisa anda manfaatkan, yang pastinya pengobatan yang dilakukan aman dan tidak ada efek samping.
Masih banyak lagi tanaman disekitar kita yang dapat dijadikan herbal, yang pastinya sangat berguna untuk kehidupan anda. Tanaman herbal dan khasiatnya yang sudah disebutkan diatas hanyalah sebagian kecil contoh tumbuhan sekitar kita yang dapat dijadikan obat herbal. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi untuk memilih obat herbal beserta khasiatnya yang aman.

Description: mengenal dan mengetahui tanaman herbal dan khasiatnya sangat penting supaya anda bisa mengethui tanaman apa yang dapat dijadikan herbal.















TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mengenal Tumbuhan Herbal Dan Khasiatnya
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tanamanherbalkita.blogspot.com/2013/12/mengenal-tumbuhan-herbal-dan-khasiatnya.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 comments:

Obat Alami Ace Maxs mengatakan...

thanks atas infonya,. ditunggu artikel dan kunjungannya

Posting Komentar

Bamz | Copyright of Informasi tentang tanaman herbal untuk pengobatan.
DechaCare.com, Situs Pelayanan Kesehatan
Informasi Obat, Informasi Kesehatan, Forum Kesehatan, Kalender Kesehatan, Humor Kesehatan, Situs Pelayanan Kesehatan

DMCA.com Protection