Mengenal Ragam Obat Tradisional

Posted by Yadi Kusmayadi Senin, 03 Februari 2014 0 comments
Obat tradisional merupakan obat – obatan yang diolah melalui cara tradisional. Bahkan obat ini telah diberikan secara turun temurun berdasarkan adat istiadat, kepercayaan, kebiasaan stempat maupun resep nenek moyang serta memiliki sifat pengetahuan tradisional. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa berbagai bahan obat yang bersifat tradisional itu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Obat ini kini banyak diminati oleh berbegai kalangan masyarakat. Karena memiliki banyak kelebihan seperti harga yang lebih terjangkau, mudah ditemukan serta hampir tidak menimbulkan efek samping.'
 

Aneka Macam Obat Tradisional

Obat tradisional tersedia beraneka macam. Umumnya, bagian yang sering digunakan dalam obat – obatan tradisional adalah buah, bunga, daun, akar, rimpang dan batang. Contoh obat tradisional adalah bawang, belimbing sayur, cengkeh, daun dewa, jahe, jambu biji, jamu, jamur, kombucha, kencur, kunyit, mahkota dewa, mengkudu, lidah buaya, teh, temu lawak, pegagan, rosela, saga, sambiloto, sidaguri, sirih, dan yoghurt. Itulah beberapa obat tradisional yang banyak digunakan oleh masyarakat. 

Dalam satu macam obat tradisional, umumnya dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Contohnya jahe, jahe diyakini mampu menyembuhkan masuk angin serta meredakan radang tenggorokan. Contoh selanjutnya adalah kunyit. Kunyit diyakini mampu meredakan nyeri saat haid serta mengatasi masalah keputihan pada wanita. Kemudian daun sirih. Karena daun sirih bersifat antiseptik, maka daun sirih memiliki multifungis. Mulai dari menyembuhkan keputihan, meredakan iritasi pada mata, hingga mengatasi mimisan. Bahkan daun sirih merah diyakini mampu melawan sel kanker serta menurunkan tingkat kolesterol dalam darah. Beberapa obat yang bersifat tradisional juga mampu meredakan sakit gigi. Penasaran? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Mengobati sakit gigi dengan obat tradisional

Sakit gigi dikenal sebagai salah satu penyakit yang menyiksa. Karena tidak jarang sakit gigi mampu membuat seseorang merasa nyeri luar biasa dan sering juga menimbulkan pusing pada penderitanya. Penyebab sakit gigi pun beragam mulai dari gigi berlubang, gigi retak, atau gigi terkikis. Umumnya ini terjadi karena kita kurang memperhatikan kebersihan gigi dan mulut. Tapi, sakit gigi tetap dapat diatasi dengan menggunakan obat tradisional. Obat tradisional sakit gigi diantaranya adalah minyak cengkih. Tuangkan 2 hingga 3 tetes minyak cengkih pada kapas, kemudian gosok pada gigi yang terasa sakit. 

Cara yang kedua adalah menggunakan bawang putih. Bawang putih dinilai memiliki kandungan senyawa antiseptik. Caranya, geprek 1 siung bawang putih. Tempelkan pada gigi yang terasa sakit selama 5 menit. Setelah itu, kumur dengan air hangat. Cara yang ketiga adalah menggunakan teh. Teh panas tanpa gula diyakini mampu menghilangkan bakteri pada mulut. Atau anda juga dapat menempelkan kantong teh selama beberapa saat pada gigi anda yang bermasalah. Nah, sangat mudah bukan? Kini anda dapat mengatasi sakit gigi anda dengan mudah menggunakan obat tradisional. Selamat mencoba. 

Description: Obat tradisional merupakan obat yang telah digunakan secara turun temurun dari nenek moyang menurut pengetahuan tradisional.





TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mengenal Ragam Obat Tradisional
Ditulis oleh Yadi Kusmayadi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tanamanherbalkita.blogspot.com/2014/02/mengenal-ragam-obat-tradisional.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Posting Komentar

Bamz | Copyright of Informasi tentang tanaman herbal untuk pengobatan.
DechaCare.com, Situs Pelayanan Kesehatan
Informasi Obat, Informasi Kesehatan, Forum Kesehatan, Kalender Kesehatan, Humor Kesehatan, Situs Pelayanan Kesehatan

DMCA.com Protection